Ada Trademark ada ‘Registered’ Trademark, ada Trade Name ada juga Formal Name. Supaya tidak lagi tertukar, silahkan disimak, beberapa terminologi dasar seputar trademark:

Ragam dan Cakupan

—–

Merk/Penanda Dagang (Trade Mark)

Merk dagang pada dasarnya adalah penanda dan pembeda satu entitas produk atau organisasi. Bisa berupa nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut.

—–

Merk dagang terdaftar (Registered trade mark)

Adalah penanda dagang seperti yang ditulis diatas, yang telah menempuh prosedur pendaftaran khusus pada badan yang ditunjuk, sehingga mendapatkan perlindungan hukum dari negara.

—–

Jadi, trademark dan registered trademark adalah dua hal yang berbeda.

Yang satu mengacu pada ragam bentuk penanda dagang, sementara satunya lagi ketika berbagai penanda tersebut telah didaftarkan dan mendapatkan perlindungan hukum.

—–

Nama legal (Legal Names)

Adalah nama lengkap dan formal dari satu organisasi dagang.

Contoh:

Pt. Astra Honda Indonesia, Apple Computing, dsb

—–

Nama Dagang (Trade name)

Adalah nama yang lebih brandable. Biasanya pendek, dan lebih pendek ketimbang nama legal (nama dagang tidak selalu versi lebih pendek dari nama legal). Dan memang dirancang seperti itu agar lebih mudah diingat, diucapkan, dipresentasikan; di’jual’.

Nama dagang adalah penanda, dan bisa dikembangkan sebagai landasan pengembangan penanda-penanda lain. Bedanya, yang dimaksud dengan nama dagang disini adalah bentukan penanda yang mengacu hanya pada aspek verbal dan teks (bagaimana penanda diucapkan, didengar dan dituliskan – secara sederhana). Dan ini berbeda dengan logo, simbol, lambang dan lainnya yang berkonsentrasi lebih banyak pada aspek tampilan/penampilan/visual.

Contoh:

Apple adalah trade name untuk Apple Incorporated (dulu namanya Apple computing), Astra adalah nama dagang untuk PT Astra .. .. dan lain sebagainya.

—–

Label

Berbeda dengan yang mungkin disangka oleh kebanyakan orang. Pelabelan, atau pembubuhan simbol untuk trademark adalah hal yang bersifat pilihan dan sama sekali tidak berhubungan dengan perlindungan hukum tertentu. Dengan kata lain, pencantuman ini hanya untuk tujuan membedakan dan menegaskan bahwa satu elemen adalah penanda merek, bukan yang lainnya.

TM

untuk merek dagang secara umum, baik itu yang sudah terdaftar maupun belum/tidak. Namun sebagian besar (karena untuk yang sudah terdaftar sudah memiliki simbol R), digunakan untuk menandai merk yang sudah terdaftar.

®

untuk merek dagang yang telah terdaftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *